Gambaran Umum Puskesmas Manguharjo

Puskesmas Manguharjo adalah Puskesmas yang terletak di Jl.Gajahmada No. 124 Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Pada awalnya merupakan satu-satunya puskesmas di wilayah Kecamatan Manguharjo dengan membawahi 9 kelurahan yaitu Nambangan Kidul, Nambangan Lor, Manguharjo, Winongo, Patihan, Pangongangan, Madiun Lor, Sogaten, dan Ngegong. Kala itu UPTD Puskesmas Manguharjo didukung 3 Puskesmas Pembantu (Pustu) yaitu Pustu Nambangan Lor, Pustu Winongo, dan Pustu Patihan. Luas bangunan untuk pelayanan kesehatan 17,7 m x 12 m, satu lantai dan 2 rumah dinas di lahan puskesmas seluas 30 m x 21 m.

Pada Tahun 1989, UPTD Puskesmas Manguharjo mengalami renovasi gedung berupa peninggian bangunan setelah daerah sekitar wilayah puskesmas terkena bencana banjir. Untuk meningkatkan akses layanan kesehatan masyarakat Kecamatan Manguharjo, pada tahun 1992 terjadi pemekaran jumlah puskemas di UPTD Puskesmas Manguharjo yaitu perubahan status Pustu Patihan menjadi UPTD Puskesmas Patihan. Dengan demikian juga terjadi perubahan pada wilayah kelurahan yang dibina. UPTD Puskesmas Manguharjo wilayah binaannya semula 9 kelurahan berubah menjadi 4 kelurahan yaitu Kelurahan Nambangan Kidul, Nambangan Lor, Manguharjo dan Winongo yang saat itu dibantu 2 Pustu yaitu Pustu Winongo dan Nambangan Lor.

Peta Wilayah Kerja Puskesmas Manguharjo

Batas wilayah kerja UPTD Puskesmas Manguharjo sebagai berikut : sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Jiwan Kabupaten Madiun, sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Ngegong Kota Madiun, sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Pangongangan dan kelurahan Pandean Kota Madiun, serta sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Josenan Kota Madiun dan Kelurahan Sambirejo Kabupaten Magetan. Sedang luas wilayah kerja UPTD Puskesmas Manguharjo secara keseluruhan mencapai lebih kurang 5,35 km┬▓.

Dengan makin bertambahnya jumlah kunjungan serta meningkatnya akses masyarakat terutama warga Kelurahan Nambangan Kidul, maka pada Tahun 2010 didirikannya Pustu Nambangan Kidul. Dengan demikian sejak Tahun 2010, Puskesmas Manguharjo dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh 3 Pustu yaitu Pustu Nambangan Lor, Pustu Nambangan Kidul dan Pustu Winongo.

Posisi Puskesmas Manguharjo yang terletak di Jalur penghubung antara kelurahan di Kecamatan Manguharjo dengan pusat kota, maupun wilayah barrier Kabupaten Madiun dan Kabupaten Magetan mendorong kami untuk selalu meningkatkan kemampuan layanan, sarana dan prasarana puskesmas. Tahun 2013, ada penambahan ruang Promkes Center, Klinik Sanitasi dan Pojok Gizi,  perluasan Ruang Rawat Gigi, penambahan Areal Parkir dan Kantin Puskesmas Manguharjo. Penambahan ruangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan masyarakat di wilayah Puskesmas Manguharjo maupun daerah sekitar termasuk sarana pendukungnya.

Puskesmas sebagai salah satu institusi pelayanan publik yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mutu atau kualitas yang baik, sehinga keselamatan pasien khususnya atau masyarakat umumnya dapat terjamin. Salah satu komponen dari mutu adalah adanya standar yang harus dilaksanakan oleh individu dan atau bersama-sama oleh  penyelenggara pelayanan publik sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 tahun 2014.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *