PELATIHAN PEMANTAUAN TUMBUH KEMBANG HARIAN BAGI KADER SESI 2

Pemantauan pertumbuhan, perkembangan, dan gangguan tumbuh kembang anak merupakan bagian dari kegiatan pelayanan kesehatan yang dilakukan terhadap Bayi, Anak Balita, dan Anak Prasekolah. Pemantauan pertumbuhan, perkembangan, dan gangguan tumbuh kembang anak harus diselenggarakan secara komprehensif dan berkualitas melalui kegiatan:
a. stimulasi yang memadai; b. deteksi dini; dan c. intervensi dini, gangguan tumbuh kembang anak.

Kegiatan stimulasi, deteksi dan intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang balita yang menyeluruh dan terkoordinasi diselenggarakan dalam bentuk kemitraan antara keluarga (orang tua, pengasuh anak dan anggota keluarga lainnya), masyarakat (kader, tokoh masyarakat, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat, dan sebagainya) dengan tenaga profesional (kesehatan, pendidikan dan sosial), akan meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak usia dini dan kesiapan memasuki jenjang pendidikan formal.

Indikator keberhasilan pembinaan tumbuh kembang anak tidak hanya meningkatnya status kesehatan dan gizi anak tetapi juga mental, emosional, sosial dan kemandirian anak berkembang secara optimal. Guna mendukung keberhasilan pembinaan tumbuh kembang anak, maka Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Kota Madiun melakukan upaya peningkatan kapasitas kader melalui Pelatihan Pemantauan Tumbuh Kembang Harian Bagi Kader. Pada tanggal 11 sampai dengan 12 September 2023, kegiatan pelatihan yang dilakukan di Puskesmas Manguharjo diikuti oleh 15 kader posyandu balita. Hari pertama diberikan materi dan pendampingan terkait dengan Pemantauan Pertumbuhan Balita dengan Narasumber Rudi Kuswanto, SKM selaku koordinator Program Gizi dan hari kedua terkait dengan Pemantauan Perkembangan Balita dan Pemberian Makanan Tambahan Balita dengan narasumber Djulis Sapturini, S.ST selaku Bidan Koordinator Puskesmas Manguharjo.