Ayo Bergerak Lakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas Fisik adalah setiap gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot rangka dan meningkatkan pengeluaran tenaga serta energi. Aktivitas ini mencakup aktivitas yang dilakukan di tempat kerja, sekolah, rumah, aktivitas selama dalam perjalanan dan aktivitas lain yang dilakukan untuk mengisi waktu senggang.

Manfaat aktivitas fisik yaitu mengendalikan berat badan, mengendalikan tekanan darah, menurunkan risiko keropos tulang pada wanita, mencegah diabetes melitus, memperbaiki postur tubuh, mengurangi kecemasan, mengendalikan stres, meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh, mengendalikan kadar kolestrol, serta memperbaiki kelenturan sendi dan kekuatan otot.

Saat berlatih fisik perlu diperhatikan intensitas (berat-ringannya) latihan fisik dan disesuaikan dengan kondisi fisik seseorang. Aktivitas fisik sebaiknya dilakukan bertahap mulai dari yang ringan dalam bentuk aktivitas fisik sehari-hari untuk menjaga kesehatan. Kemudian dapat meningkat menjadi latihan fisik untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani. Setelah tubuh bugar dapat dilakukan aktivitas yang lebih berat seperti olahraga dengan memperhatikan bahwa semakin berat intensitas aktivitas/ latihan fisik dapat meningkatkan risiko cedera.
Aktivitas fisik, latihan fisik, dan olahraga harus dilakukan rutin/teratur untuk mempertahnkan stamina tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *