Kegiatan

Penyuluhan Hepatitis Akut yang Belum diketahui Penyebabnya

Penyakit Hepatitis Akut yang banyak menyerang anak-anak usia 1 bulan hingga 16 tahun, saat ini menjadi topik pembicaraan serius di kalangan masyarakat Indonesia. Penyakit hepatitis akut yang pertama kali ditemukan di Inggris Raya pada 5 April 2022 dilaporkan terus meluas. Situasi nasional hepatitis di Indonesia per tanggal 23 Mei 2022 pukul 16.00 kasus kumulatif dugaan hepatitis akut ada 35 kasus. 19 kasus diantaranya discarded, dan ada 16 kasus probable dan pending classification.

Penyebab dari penyakit tersebut masih belum diketahui. Secara umum, etiologi kasus hepatitis saat ini masih dalam penyelidikan. Pemeriksaan laboratorium untuk memeriksa adanya agen bilogis, kimiawi, dan agen lain masih terus dilakukan pada kasus yang telah teridentifikasi.

Sambil menunggu perkembangan informasi terkait penyakit hepatitis akut, masyarakat diharapkan tidak perlu panik namun tetap waspada terhadap penularan penyakit tersebut. Upaya pencegahan harus diterapkan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit hepatitis akut.

Puskesmas Manguharjo tidak hentinya menghimbau masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan. Penyuluhan hepatitis akut disampaikan pada ibu balita di posyandu dan juga kader kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Manguharjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *