Pesan Sehat

Cerdas Minum Obat

Cara minum obat yang kurang tepat juga berisiko menimbulkan efek samping dan efek interaksi obat yang berpotensi membahayakan nyawa. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara minum obat yang benar agar obat dapat bekerja dengan maksimal.
Obat umumnya diberikan dengan beberapa jenis aturan pakai, misalnya 3 kali sehari, dengan pembagian waktu yang tepat. Hal ini berarti obat diminum setiap 8 jam sekali dalam 1 hari.


Sebagai contoh, bila dosis pertama dikonsumsi jam 7 pagi, maka dosis berikutnya dikonsumsi pada jam 3 sore dan dosis terakhir pada jam 11 malam. Minumlah obat pada waktu yang sama setiap harinya.
Jika Anda lupa mengonsumsi obat, disarankan untuk segera melakukannya bila jeda dengan jadwal konsumsi obat berikutnya tidak terlalu dekat. Namun jika jedanya sudah dekat, abaikan dosis tersebut dan konsumsilah obat pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewatkan.

Selain itu, beberapa jenis obat ada yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum, setelah, atau bersamaan dengan waktu makan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan obat tersebut agar obat dapat bekerja dengan efektif.
Penting untuk menghabiskan obat yang sudah diresepkan oleh dokter dan jangan berhenti mengonsumsinya tanpa seizin dokter, meskipun Anda sudah merasa lebih sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah gejala penyakit Anda muncul kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *